Sabtu, 29 Oktober 2011

Pengolahan Data Elektroik


Komputeradalahalat yang dipakaiuntukmengolah data menurutprosedur yang telahdirumuskan. Kata computer semuladipergunakanuntukmenggambarkan orang yang perkerjaannyamelakukanperhitunganaritmatika, denganatautanpaalatbantu, tetapiarti kata inikemudiandipindahkankepadamesinitusendiri. Asalmulanya, pengolahaninformasihampireksklusifberhubungandenganmasalaharitmatika, tetapikomputer modern dipakaiuntukbanyaktugas yang tidakberhubungandenganmatematika.

Secaraluas, Komputerdapatdidefinisikansebagaisuatuperalatanelektronik yang terdiridaribeberapakomponen, yang dapatbekerjasamaantarakomponensatudengan yang lain untukmenghasilkansuatuinformasiberdasarkan program dan data yang ada. Adapunkomponenkomputeradalahmeliputi: Layar Monitor, CPU, Keyboard, Mouse dan Printer (sbgpelengkap). Tanpa printer komputertetapdapatmelakukantugasnyasebagaipengolah data, namunsebatasterlihatdilayar monitor belumdalambentuk print out (kertas).

Dalamdefinisisepertiituterdapatalatseperti slide rule, jeniskalkulatormekanikmulaidariabakusdanseterusnya, sampaisemuakomputerelektronik yang kontemporer. Istilahlebihbaik yang cocokuntukartiluasseperti "komputer" adalah "yang memprosesinformasi" atau "sistempengolahinformasi."

Saatini, komputersudahsemakincanggih.Tetapi, sebelumnyakomputertidaksekecil, secanggih, sekerendanseringansekarang.Dalamsejarahkomputer, ada 5 generasidalamsejarahkomputer.

1. GenerasiPertama (1944-1959)
http://www.slhscompsci.net/tutorials/history/graphics/slides/eniac.jpg

Tabunghampaudarasebagaipenguatsinyal, merupakancirikhaskomputergenerasipertama.Padaawalnya, tabunghampaudara (vacum-tube) digunakansebagaikomponenpenguatsinyal.Bahanbakunyaterdiridarikaca, sehinggabanyakmemilikikelemahan, seperti: mudahpecah, danmudahmenyalurkanpanas. Panasiniperludinetralisirolehkomponen lain yang berfungsisebagaipendingin
Dan denganadanyakomponentambahan, akhirnyakomputer yang adamenjadibesar, beratdanmahal. Padatahun 1946, komputerelektronikdidunia yang pertamayakni ENIAC sesaidibuat.Padakomputertersebutterdapat 18.800 tabunghampaudaradanberbobot 30 ton.begitubesarukurannya, sampai-sampaimemerlukansuaturuangankelastersendiri.
Padagambarnampakkomputer ENIAC, yang merupakankomputerelektronikpertamadidunia yang mempunyaibobotseberat 30 ton, panjang 30 M dantinggi 2.4 M danmembutuhkandayalistrik 174 kilowatts

2. GenerasiKedua (1960-1964)
http://archive.computerhistory.org/resources/still-image/ibm/ibm_7000/IBM.7000.1963.102646611.lg.jpg
http://www.subfrequenz.net/fraktallog/wp-content/2007/08/ari6008.jpg
Transistor merupakancirikhaskomputergenerasikedua.Bahanbakunyaterdiriatastiga lapis, yaitu: "basic", "collector" dan "emmiter". Transistor merupakansingkatandari Transfer Resistor, yang berartidenganmempengaruhidayatahanantaraduadaritigalapisan, makadaya (resistor) yang adapadalapisanberikutnyadapat pula dipengaruhi.
Dengandemikian, fungsi transistor adalahsebagaipenguatsinyal.Sebagaikomponenpadat, tansistormempunyaibanyakkeunggulansepertimisalnya: tidakmudahpecah, tidakmenyalurkanpanas. dandengandemikian, komputer yang adamenjadilebihkecildanlebihmurah
Padatahun 1960-an, IBM memperkenalkankomputerkomersial yang memanfaatkan transistor dandigunakansecaraluasmulaiberedardipasaran. Komputer IBM- 7090 buatanAmerikaSerikatmerupakansalahsatukomputerkomersial yang memanfaatkan transistor.
Komputerinidirancanguntukmenyelesaikansegalamacampekerjaanbaik yang bersifatilmiahataupunkomersial.Karenakecepatandankemampuan yang dimilikinya, menyebabkan IBM 7090 menjadisangat popular.Komputergenerasikedualainnyaadalah: IBM Serie 1400, NCR Serie 304, MARK IV dan Honeywell Model 800.

3. GenerasiKetiga (1964-1975)
http://www.billkunkler.com/Images/IBM_S360_4.jpg
Konsepsemakinkecildansemakinmurahdari transistor, akhirnyamemacu orang untukterusmelakukanpelbagaipenelitian.Ribuan transistor akhirnyaberhasildigabungdalamsatubentuk yang sangatkecil.Secuilsiliciumyagmempunyaiukuranbeberapamilimeterberhasildiciptakan, daninilah yang disebutsebagai Integrated Circuit atau IC-Chip yang merupakancirikhaskomputergenerasiketiga.
Cincin magnetic tersebutdapat di-magnetisasisecarasatuarahataupunberlawanan, danakhirnya men-sinyalkankondisi "ON" ataupun "OFF" yang kemudianditerjemahkanmenjadikonsep 0 dan 1 dalam system bilanganbiner yang sangatdibutuhkanolehkomputer. Padasetiapbidang memory terdapat 924 cincin magnetic yang masing-masingmewakilisatu bit informasi. Jutaan bit informasisaatiniberadadidalamsatu chip tunggaldenganbentuk yang sangatkecil.
Komputer yang digunakanuntukotomatisasipertamadikenalkanpadatahun 1968 oleh PDC 808, yang memiliki 4 KB (kilo-Byte) memory dan 8 bit untuk core memory

4. GenerasiKeempat (1975-Sekarang)
http://www.blogcdn.com/www.engadget.com/media/2006/04/apple-I.jpg
http://gecko54000.free.fr/documentations/images/pictures/thm_Zilog_Z80_TRS-80.jpg
Microprocessor merupakanchirikhaskomputergenerasike-empat yang merupakanpemadatanribuan IC kedalamsebuah Chip.Karenabentuk yang semakinkecildankemampuan yang semakinmeningkatdanharga yang ditawarkanjugasemakinmurah.Microprocessor merupakanawalkelahirankomputer personal.Padatahun 1971, Intel Corp kemudianmengembangkan microprocessor pertamaserie 4004.
Contohgenerasiiniadalah Apple I Computer yang dikembangkanoleh Steve Wozniak dan Steve Jobs dengancaramemasukkan microprocessor pada circuit board komputer. Disampingitu, kemudianmuncul TRS Model 80 dengan processor jenis Motorola 68000 danZilog Z-80 menggunakan 64Kb RAM standard.
Komputer Apple II-e yang menggunakan processor jenis 6502R serta Ram sebesar 64 Kb, jugamerupakansalahsatukomputer PC sangat popular padamasaitu. Operating Sistem yang digunakanadalah: CP/M 8 Bit. Komputerinisangatpopulerpadaawaltahun 80-an.
IBM mulaimengeluarkan Personal Computer padasekitartahun 1981, denganmenggunakan Operating System MS-DOS 16 Bit. Dikarenakanharga yang ditawarkantidakjauhberbedadengankomputerlainnya, disampingteknologinyajauhlebihbaiksertanamabesardari IBM sendiri, makadalamwaktu yang sangatsingkatkomputerinimenjadisangat popular.

5. GenerasiKelima (Sekarang - Masadepan)
http://4.forumer.com/uploads/bestofsav/post-38-1187170652.jpg

Padagenerasiiniditandaidenganmunculnya: LSI (Large Scale Integration) yang merupakanpemadatanribuan microprocessor kedalamsebuahmicroprocesor. Selainitu, jugaditandaidenganmunculnya microprocessor dansemi conductor. Perusahaan-perusahaan yang membuat micro-processor diantaranyaadalah: Intel Corporation, Motorola, Zilogdanlainnyalagi. Dipasaranbisakitalihatadanya microprocessor dari Intel dengan model 4004, 8088, 80286, 80386, 80486, dan Pentium.
Pentium-4 merupakanproduksiterbarudari Intel Corporation yang diharapkandapatmenutupisegalakelemahan yang adapadaproduksebelumnya, disampingitu, kemampuandankecepatan yang dimiliki Pentium-4 jugabertambahmenjadi 2 Ghz. Gambar-gambar yang ditampilkanmenjadilebihhalusdanlebihtajam, disampingitukecepatanmemproses, mengirimataupunmenerimagambarjugamenjadisemakincepat.
Pentium-4 diproduksidenganmenggunakanteknologi 0.18 mikron.Denganbentuk yang semakinkecilmengakibatkandaya, arusdanteganganpanas yang dikeluarkanjugasemakinkecil.Dengan processor yang lebihcepatdingin, dapatdihasilkankecepatan MHz yang lebihtinggi.Kecepatan yang dimilikiadalah 20 kali lebihcepatdarigenerasi Pentium - 3.
Packard Bell iXtreme 4140i merupakansalahsatu PC komputer yang telahmenggunakanPentium-4 sebagai processor dengankecepatan 1.4 GHz, memory RDRAM 128 MB, Harddisksebesar 40 GB (1.5 GB digunakanuntuk recovery), serta video card GeForce2 MX dengan memory 32 MB.

HP Pavilion 9850 jugamerupakan PC yang menggunakan Pentium-4 untuk processor nyadengankecepatan 1.4 GHz. PC Pentium-4 Hewllett-Packard ini dating dengandominanwarnahitamdanabu-abu. Dibandingdengan PC lainnya, Pavilion merupakan PC Pentium-4 denganfasilitasterlengkap.Memory yang dimilikisebesar RDRAM 128 MB, Harddisk 30 GB dengan monitor sebesar 17 inchi.
Share |

Tidak ada komentar:

Posting Komentar